Sunday, June 21, 2020

Menteri Pertanian dan Pemprovsu Optimis Kabupaten Humbahas Sentra Penghasil Bawang Merah & Putih



Binasumut News - Medan

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Provinsi Sumatera Utara. Dalam kunjungannya ini Mentan Optimis kalau Kabupaten Humbahas bisa menjadi salah satu Sentra Pertanian bawang merah dan putih di Provinsi Sumatera Utara. Hal itu diungkapkan nya saat menghadiri kegiatan panen bawang putih di Desa Parulohan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas, Sabtu (20/6/20).

" Humbahas harus jadi lokomotif, harus jalan, tidak boleh ada lahan yang tersisa, semua harus ditanami," kata Mentan.

Mentan melanjutkan, dimasa Pandemic Corona ini, Pertanian adalah salah satu sektor yang tidak melemah, hal tersebut merupakan pangan sebagai sektor yang tidak akan pudar.

" Apalagi masa covid 19 sekarang ini, sudah pasti membuat ekonomi melemah, yang tidak melemah itu pertanian. Kalau begitu perbaiki tanaman mu disini." Pesan Mentan kepada masyarakat yang hadir.

Pada kesempatan itu, Mentan Yasin Limpo bersama Sekda Provinsi Sumatera Utara R Sabrina dan Bupati Kabupaten Humbahas Dosmar Banjarnahor, secara simbolis melakukan panen bawang putih diatas lahan Satu Hektare. Dari lahan panen tersebut dihasilkan bawang putih sekitar 14 ton (basah) dan 7 ton (kering).

Baca juga : https://binasumut.blogspot.com/2020/06/masjid-al-muflihin-bandar-selamat.html?m=1

Selain kunjungannya ke desa parulohan, mentan beserta rombongan juga bertolak ke desa Habeahan, Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbahas. Dengan menghadiri kegiatan tanam bawang merah dan jagung di areal 6 hektare. Serta mengunjungi lahan PT Indofood yang berada di desa Paranginan, Kabupaten Humbahas.

Disamping itu Sekda Provinsi Sumatera Utara R Sabrina mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mendukung Kabupaten Humbahas menjadi daerah sentra penghasil bawang merah dan putih di Sumatera Utara.

" Kita berharap kalau ini bisa dijadikan sentra khusus bawang merah dan putih, maka komoditas yang kurang di sumatera utara yaitu bawang merah dan putih bisa kita penuhi secara swasembada," tutur sabrina.

Sementara itu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahot mengatakan, saat ini memang ada komoditas yang menyebabkan inflasi Seperti bawang merah karena impor berhenti. Dosmar pun optimis Humbahas bisa menjadi komoditas pertanian.

" Bawang merah sangat mahal. Kebetulan impor terhenti, ini membawa inflasi yang begitu kuat, namun humbahas didukung alamnya. Apalagi Pak Gubernur sangat mendukung Humbahas sebagai sentra pertanian, juga kami mempunyai jiwa tani yang serius." Ucap Dosmar.

Pada kesempatan kunjungan kerja ke kabupaten humbahas, Mentan RI Syahrul yasin Limpo, juga memberikan bantuan Alsintan berupa tractor roda 4, cultivator, tractor roda 2, bantuan benih padi dan jagung, KUR dari Bank BNI, BRI, dan MANDIRI. 2 paket unit pengolahan hasil kopi serta Asuransi Usaha Tani padi dan asuransi usaha ternak sapi - kerbau dari Jasindo.
Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahot, untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat.






0 comments:

Post a Comment