Sunday, July 12, 2020

Memperingati Hari Diabetes Nasional, Nawal Edy Mengajak Masyarakat Sumut Perbanyak Aktivitas Fisik

  Nawal edy, melalui konferensi video saat membuka acara senam online dalam rangka memperingati Hari Diabetes Nasional, Minggu (12/7), Delitua, Kab Deliserdang


Binasumut News - Deliserdang


Kasus diabetes/diabetes tipe 2 disebabkan oleh keadaan tubuh yang tidak dapat merespon insulin atau hormon pengendali gula darah. Hal itu dikarenakan kurangnya kegiatan dalam menggerakan tubuh.

" Kalau kita jarang olahraga, minimal aktif melakukan aktivitas fisik, jangan kebanyakan duduk. Semakin banyak kalori yang terbakar, bisa menurunkan kadar gula darah, resiko terkena diabetes jadi kecil ", kata Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP - PKK) Nawal Edy Rahmayadi saat membuka acara senam online dalam rangka peringatan Hari Diabetes Nasional 2020 melalui konferensi video, Minggu (12/7) dari kediamannya di Delitua Kabupaten Deli serdang.

Selain itu, Nawal Edy juga menambahkan pentingnya melakukan langkah - langkah dalam pencegahan penyakit diabetes ini datang, seperti memperhatikan keseimbangan nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Baca juga : Kaldera Toba Ditetapkan Menjadi UNESCO Global Geopark

" Jenis makanan yang hanya lebih banyak karbohidrat, lemak, bisa membuat kolesterol tinggi. Karna itu perbanyak serat, buah dan sayuran " , Terang Nawal Edy yang juga selaku Duta Diabetes Sumut.

Sementara itu, terkait Prevalensi diabetes di Sumut, Nawal mengatakan Sumut berada pada angka 1,39%. Hasil prevalensi itu diperoleh berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI 2018.

" Kita hampir mendekati angka prevalensi nasional yakni 1,5%. Bersama - sama kita turunkan angka prevalensi ini ", ajaknya.

Disamping itu, Nawal Edy mengharapkan Senam pagi ini menjadi salah satu cara menggelorakan kembali semangat untuk berolah raga, dimana dengan melakukan senam mandiri dirumah.

" Mudah - mudahan kalau rajin olahraga, tak hanya diabetes, penyakit lain pun berkurang terkena resiko ", Ujarnya.

Pada akhir sambutannya, Nawal Edy menghimbau agar selalu disiplin melakukan protokol kesehatan. Sehingga tidak hanya diabetes , tetapi juga dapat terhindar dari covid - 19.


Editor : Firman A Parinduri











0 comments:

Post a Comment