Tuesday, June 9, 2020

Stop..!! Menyalahkan Teman

Binasumut News - Medan

Dalam berkehidupan didunia ini, manusia tak lepas dari yang namanya pergaulan. Didalam pergaulan sudah pasti tentunya memiliki banyak teman yang pastinya bermacam macam karakter maupun usianya.

   Foto : Bina sumut

Dikalangan anak muda sendiri, banyak diantara mereka yang mudah terjebak didalam sebuah pergaulannya. Tak sedikit diantara mereka yang terlibat kedalam dunia narkoba, jambret, curas (pencurian dan kekerasan ) dll. Itu disebabkan masih labilnya pola fikir mereka menghadapi situasi akan pergaulannya sendiri, yang cenderung mudah menjerumuskan diri mereka ke dunia yang hitam.

Oleh karena itu, sangat diperlukan sekali peranan peranan dari orang tua ini akan gerak tumbuh kembang nya anak anak mereka, dimana dengan dimulai sejak usia dini, hingga anak itu tumbuh menjadi sosok remaja. Intinya, Peranan orang tua sangat dipentingkan atas pengawasan terhadap anaknya. Dimana para orang tua dituntut dan bertanggung jawab penuh atas pembentukan pola tingkah laku anaknya. Sebab dengan pola tingkah laku yang baik itu akan membuat sianak tidak mudah untuk terjerumus atas pergaulan yang salah.

Dengan begitu sangat jelas sekali besarnya pengaruh orang tua atas karakter anaknya ini, dimana para orang tua harus bijak dan extra akan hal ini sebisa mungkin, untuk menghindari hal hal yang tak diinginkan semua orang tua. Sebab, pengaruh atau tidak nya si anak, dalam situasi pergaulannya, itu semua bergantung pada si anak.

Bagaimanapun, teman dalam pergaulan yang mau mencoba coba merusak mental dan tingkah laku temannya untuk melakukan aktivitas yang negatif, tidak akan mudah terpengaruh jika temannya itu sudah mendapatkan didikan yang layak dari orang tua dan keluarganya. Dan orang orang yang mampu tidak mudah nya terperangaruh akan hal yang demikian, itulah orang orang yang sudah termasuk berani memerdekakan dirinya, tidak lagi terjajah akan belenggu belenggu dunia yang hitam. 

Untuk itu, janganlah kita terlalu berlebihan menyalahkan teman sepergaulannya itu, yang mungkin dapat menjerumuskannya. Sebab, teman sepergaulannya ibaratkan sebuah penguji akan seberapa hebat kualitas anak anak anda, untuk mudah dan tidak nya terjerumus dari hasutan hasutan teman temanya.

   Sumber : suara islam

0 comments:

Post a Comment