Monday, April 10, 2023

Wagubsu Ijeck Ziarah ke Makam Pendiri Kota Medan, Guru Patimpus

Wagubsu ijeck berfoto bersama KH Amiruddin,Ms serta sejumlah tokoh

Binasumut News, Medan 10 April 2023

Wakil gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (ijeck) beri perhatian khusus terhadap makam pendiri kota Medan yakni Guru Patimpus Sembiring, yang berada di desa lama kecamatan Hamparan Perak kabupaten Deli Serdang.

Perhatian ini diberikan wagubsu menurutnya dinilai masih kurang layak.

" Kita melihat makamnya ini masih kurang pas lah sebagai makam orang yang telah berbuat untuk kota medan, beliau pendiri kota Medan dan sangat berjasa bagi kota medan. Ucap ijeck, saat berziarah ke makam guru patimpus, Minggu (9 April 2023)

Kunjungan nya ke makam pendiri kota Medan tersebut didampingi juga oleh Buya kh Amiruddin, Ms serta sejumlah tokoh lainnya.

Lokasi makam guru patimpus sendiri saat ini juga masih berada ditengah ladang warga atau tanah warga.

" Tempat ini harus menjadi tempat sejarah, karena ini termasuk juga dari pelestarian sejarah. Generasi generasi kita kedepan harus mengetahui siapa pendiri kota medan, dan kita akan upayakan ini menjadi makam yang layak ", ungkap nya.

Pemerintah provinsi sumatera Utara (pemprovsu) dan pemkab deli serdang akan melihat porsi lebih lanjut guna membenahi makam tersebut, sebab makam pendiri kota Medan tersebut berdiri di wilayah kabupaten Deli Serdang.

makam guru patimpus, pendiri kota medan

Perlu diketahui, guru patimpus Sembiring pelawi lahir di Ajijahe, tiga panah, Karo 1540. Meninggal pada tanggal 1 Juli 1590.

Guru patimpus adalah pendiri kota Medan, yang diambil dari kata Madan yang artinya " sembuh " dalam bahasa karo.



Editor : Firman Z.A
 







0 comments:

Post a Comment