Thursday, July 16, 2020

Wagub Musa Rajeck Shah Optimis Pembangunan Sumut Lebih Baik Lagi Kedepan

  Wagub Musa rajek shah saat berada di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi tampak sedang berkomunikasi dengan ketua DPRD Provinsi Baskami Ginting & wakil ketua DPRD Provinsi Harun Mustapa beserta anggota DPRD lainnya.



Binasumut News - Medan


Wagubsu Musa Rajeck Shah (ijeck) sangat mengapresiasi Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Provinsi ke Kabupaten/Kota mengenai Lapòran Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019. Ia optimis sinergi dengan DPRD akan membuat Pembangunan kedepan lebih baik lagi.

Hal itu disampaikan wagub saat menghadiri rapat Paripurna Laporan Tim Kunker DPRD Provinsi di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Sumut, Selasa (14/7) lalu.

" Laporan Tim Kunker DPRD akan kita jadikan masukan, catatan dan evaluasi agar kita bisa bekerja lebih baik lagi. Ini masukan yang sangat penting. Kita akan lakukan perbaikan kedepannya, dan saya optimis sinergi kita dengan DPRD akan membuat pembangunan di sumut lebih baik lagi, " ucapnya.

Menurutnya, Pemprov Sumut akan tetap fokus pada sektor pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan pertanian.

" Banyak aspek yang memang perlu jadi perhatian, tetapi sesuai dengan visi dan misi, kita fokus pada bidang pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan pertanian, " Tambahnya.

Sementara itu DPRD Provinsi Sumut membentuk 12 Tim Kunker, dimana itu dibagi sesuai dengan dapilnya masing - masing.

Baca juga : Korpri Sumut Bagikan 2.200 Bantuan Bahan Pokok bagi Masyarakat Terkena Dampak Covid 19

Sebut saja seperti Parlaungan Simangunsong Ketua Tim 1 dari Dapil I sumut menyampaikan, bahwasannya Pemprov Sumut sudah melakukan pemeliharaan jalan provinsi sepanjang 6,65 km, menutup lubang jalan 432m dan perawatan selokan di jalan marelan (Sp Kantor - Batas Deliserdang).

Selain itu, Pemprov Sumut juga sudah membangun sarana air minum dan MCK sebanyak 3 buah ( Kelurahan Tanah 600, kelurahan Terjun dan Pasar 1 Marelan). Juga pembangunan sarana air bersih dimana bersumber dari air tanah didaerah sulit air di kelurahan Sei Mati.

Untuk bidang Pendidikan, Pemprov Sumut sudah membangun dua ruangan kelas untuk SMA Negeri 16 dan SMA Negeri 19 Kecamatan Medan Marelan. Sedangkan untuk SMA Negeri 5 Medan Kecamatan Medan Kota dibangub Tiga ruangan Kelas.

" Walaupun begitu ada beberapa catatan penting untuk Pemprov Sumut, seperti peningkatan jumlah debit air sumur, karna dipasar 1 Marelan sumur bor nya kurang tepat, sehingga air nya tidak deras. Namun secara keseluruhan realisasi APBD Pemprov Sumut sudah baik, " ujar Parlaungan.

Sementara untuk Dapil 9, menurut laporan ketua tim Jubel Tambunan, Pemprov Sumut lebih fokus ke bidang pertanian, dimana memberikan 16 ekor kerbau untuk kelompok tani kartini didesa parsingguran II dan kelompok tani nauli, Kabupaten Humbahas, masing - masing kelompok tani mendapat 8 ekor kerbau.

" Didapil 9, pertanian menjadi mayoritas pencarian penduduk. Humbahas medapat bantuan 16 ekor kerbau, Sibolga dilakukan banyak perbaikan irigasi. Tetapi ada catatan - catatan, seperti perlunya sarana dan prasarana sekolah yang lebih baik dan infrastruktur seperti jalan, " ucap Jubel Tambunan.

Disamping itu, ketua DPRD Baskami Ginting menilai secara keseluruhan realisasi APBD Sumut cukup baik.

Baskami Ginting juga menambahkan, Pemprov sumut perlu merealisasikan masukan dari Tim Kunker, demi meningkatkan Pembangunan di Sumut secara lebih merata.

" secara keseluruhan cukup baik, tetapi dari laporan Tim Kunker masih ada beberapa bagian yang perlu dibenahi. Bila itu dibenahi, maka pembangunan di sumut akan berjalan lebih baik dan terarah menuju sumut yang bermartabat, " kata Baskami.


Editor : Firman A Parinduri







0 comments:

Post a Comment