Saturday, June 27, 2020

RMI NU SUMUT JALIN KERJASAMA DENGAN PT. PERTAMINA MOR I SUMATERA




Binasumut News - Paluta




Diskusi & Silaturrahim PW RMI NU Sumut Bersama Pertamina
“ Pengembangan Ekonomi Pondok Nahdlatul Ulama " Pada hari Rabu 24 Juni  2020 jam 09.00 s/d 11.30 WIB dilaksanakan Diskusi & Silaturrahim PW RMI NU Sumut Bersama Pertamina melalui Join Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/88264918819 . Dalam silaturrahim online tersebut hadir Dr. Arifuddin Muda Harahap, M.Hum (Ketua PW RMI NU Sumut), Dr. Alfin Siregar, M.Pd, Dr. Fridianto, M.Pd, Abdul Kholiq, M.Pd, Julpian Harahap SE,MS.i dan pengurus PW RMI NU Sumatera Utara lainnya Serta dari pihak Pertamina di wakili oleh  M. Roby Hervindo (Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I) dan Tengku Muhammad Rum (Manajer Hubungan Komunikasi & CSR RU IV).   

Dalam kesempatan tersebut Dr. Arif menyampaikan bahwa RMI adalah Rabithah Ma’ahid Islamiyah NU (Asosiasi Pondok Pesantren yang berada dibawah binaan Nahdlatul Ulama) dan saat ini PW RMI NU Sumut memiliki 190 Pondok Pesantren Binaan di Sumut, selanjutnya ia juga mengatakan rasa terima kasih kepada PT. Pertamina yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia Pondok Pesantren  dengan dilaksanakannya kerjama antara PW RMI NU bersama PT. Pertamina terkait pelaksanaan program permodalan kemitraan CSR PT. 

Pertamina yang diperuntukkan bagi pesantren-pesantren binaan RMI NU Sumut. Dalam pengantar tersebut, Dr. Arif juga mengatakan bahwa acara silaturrahim ini nantinya akan langsung disampaikan kepada PW Nahdlatul Ulama Sumatera Utara dan sekaligus juga kepada Bapak Abdullah Rozin (Gus Rozin/Ketua PB RMI NU/ Stafsus Presiden RI Bagian Pesantren) karena menurut Arif bahwa Gus Rozin selalu mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan Pondok Pesantren di Indonesia.

Dalam pengantar Silaturrahim tersebut, Roby mengatakan bahwa PT. Pertamina ingin bermitra dengan RMI NU Sumut dalam hal Program CSR yaitu Kemitraan Permodalan Bergulir yang ditujukan untuk memajukan perekonomian keluarga Pondok Pesantren NU di Sumatera Utara dengan harapan nantinya dengan CSR PT. Pertamina dapat memajukan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat pesantren. M. Rum juga menambahkan bahwa kegiatan CSR PT. Pertamina ini tetap melalui proses Administrasi yang telah ditentukan oleh PT. Pertamina dan ia meyakinkan bahwa sistem administrasi dimaksud tidak akan mempersulit para pihak karena tujuan utama dari PT. 

Pertamina hanya untuk membantu mendongkrak perekonomian masyarakat. 
Dr. Arif selanjutnya menyatakan bahwa PW RMI NU InsyaAllah siap mendukung bahkan mendampingi PT. Pertamina dalam melaksanakan kegiatan tersebut sehingga Pertamina tidak salah sasaran dalam penetapan para pihak pondok pesantren, alumni pesantren serta santri yang akan bekerjasama dengan PT. Pertamina tersebut, sehingga aplikasi pengucuran CSR dapat dimanfaatkan dengan baik.

Dr. Alfin (Wakil Ketua PW RMI NU Sumut) dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa InsyaAllah PW RMI NU juga siap untuk membantu mengAsesment para pihak Ponpes yang layak menerima bantuan CSR Pertamina tersebut. Namun ia nuga mengatakan bahwa agar dana tersebut tidak sis-sia Hendaknya sebelum memberikan modal usaha, PT. Pertamina melakukan pelatihan-pelatihan terkait kewirausahaan sehingga nantinya terbentuklah UKK/UKM santri ataupun pesantren yang profesional dan proporsional. 

Diakhir acara silaturrahim tersebut. Roby mengatakan bahwa Pihak PT. Pertamina InsyaAllah siap memajukan perekonomian masyarakat pesantren di Sumatera Utara dan akan segera merencanakan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga besar Pondok Pesantren NU Sumatera Utara agar dapat menambah wawasan kemandirian baik bagi santri, pengelola pesantren dan bahkan para alumni pondok pesantren. Selanjutnya Dr. Arif diakhir silaturrahim tersebut mengatakan bahwa akan mensosialisasikan hasil pertemuan RMI NU Sumut  dengan PT. Pertamina kepada para pimpinan Pondok Pesantren pada acara Silaturrahim Seluruh Pondok Pesantren NU Sumut di Medan Yang insha allah akan dilaksanakan oleh PW RMI NU Sumut pada tanggal 5 Juli 2020.

Selanjutnya Ba'da Dzuhur Dr. Arif bersilaturahmi dengan KH. Syahrial Tambunan, MBA (Ketua Tandfiziah PW NU Sumut) dan KH. Abrar, M. Daud Faza, MA (Khatib PW NU Sumut) dalam rangka menyampaikan hasil silaturrahim PW RMI bersama PT. Pertamina dimaksud. Dalam kesempatan tersebut Kyai Abrar mengatakan agar PW RMI tetap menjaga hubungan baik dengan PT. Pertamina dan memanfaatkan kegiatan nantinya untuk memajukan perekonomian pesantren NU di Sumut.

Kyai Syahrial juga menyampaikan kepada RMI NU Sumatera Utara agar serius untuk membantu Pendampingan program CSR PT. Pertamina tersebut agar tepat sasaran dan membawa manfaat bagi keluarga Pesantren NU di Sumatera Utara, bahkan Kyai Syahrial siap membantu program tersebut jika dibutuhkan, karena kegiatan kegiatan seperti ini adalah merupakan ibadah menurutnya.

Beliau juga menyampaikan sangat berterima kasih kepada PT. Pertamina yang akan telah menunjukkan kepedulian terhadap perekonomian podok pesantren NU di Sumatera Utara.

Di hari yang sama juga dilakaukan diskusi Virtual bermasa pondok pesantren binaan RMI NU Se Tabagsel. Disampaikan Baikuni Assarifiyah sidikkat dan Bahrul Ulum Harahap Pimpinan pondok pesantren Darussallam kampung Banjir Paluta, sangat berterima kasih banyak atas kerja sama RMI NU dan Pertamina tersebut, kami pimpinan pesantren sangat senang atas kerjasama yang disampaikan Pertamina kepada RMI NU Sumut. Kami melihat kehadiran Negara terhadap pondok pesantren melalui BUMN Pertamina Sumut.



Oleh : Sakban Azhari Lubis
Editor : Firman A Parinduri


0 comments:

Post a Comment